Pompa Hidram: Solusi Inovatif Irigasi Bendungan Parit untuk Pertanian Produktif


 




Judul              :    Pompa Hidram: Solusi Inovatif Irigasi Bendungan Parit untuk Pertanian Produktif

      Kepengarangan     :           Feblil Huda, Nazarudin, Iswadi HR, Yogie Rinaldi, Ryan Syuhada

      Sinopsis :

        "Pompa Hidram: Solusi Inovatif Irigasi Bendungan untuk Pertanian Produktif” adalah Sebuah buku yang menjelasakan pemanfaatan teknologi inovatif pompa hidram dalam mengalirkan air dari bendungan ke lahan pertanian. Buku ini menjelajahi secara mendalam setiap aspek yang terkait dengan penerapan teknologi ini. Dengan bahasa yang jelas dan ilustrasi yang mendukung, agar pembaca mudah untuk memahami betapa pentingnya air dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

     Bab pertama memperkenalkan konsep lahan pertanian sebagai target utama teknologi pompa hidram  dan bendungan sebagai sumber air utama bagi proses irigasi ke lahan pertanian kecil. Penulis dengan hati-hati menjelaskan bagaimana mengoptimalkan fungsi bendungan sebagai penguat sumber air dari aliran parit yang kecil menjadi besar, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. Tak hanya itu, pembaca juga dibimbing untuk memahami peran penting lahan pertanian dalam siklus pertanian modern, menyoroti kebutuhan air yang tepat bagi tanaman.

        Dalam bab-bab berikutnya, pembaca dibawa ke inti permasalahan: pompa hidram. Buku ini secara cermat menguraikan teknologi di balik pompa hidram, memecahnya menjadi langkah-langkah yang mudah dipahami untuk instalasi serta pemeliharaannya. Pembaca diperkenalkan pada konsep-konsep teknis, seperti prinsip kerja, komponen-komponen utama, dan proses instalasi dari bendungan hingga lahan pertanian.

        Terakhir, buku ini mengeksplorasi berbagai perencanaan pompa hidram dengan menjelaskan hal apa saja yang perlu diperhatkan untuk menunjang atau memaksimalkan kinerja pompa. Perencanaan juga dilengkapi dengan persamaan dan ilustrasi, agar pembaca dapat mudah mengaplikasikan pompa hidram sesuai kondisi lingkungan yang akan dipasangkan pompa hidram. Buku ini juga menjelaskan bagaimana prosedur perawatan dan pemeliharaan pompa hidram agar umur pompa dapat bertahan lama. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar