Variasi Resep Maman dan Joruk Maman


Indonesia merupakan Negara kesatuan yang terdiri dari ribuan pulau yang menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman makanan tradisional karena setiap daerah memiliki potensi alam dan kebudayaan masing-masing. Makanan tradisional tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan gizi, juga berguna untuk mempertahankan hubungan antar manusia, simbol identitas suatu masyarakat, dan dapat pula dijual serta dipromosikan untuk menunjang pariwisata yang dapat mendukung pendapatan suatu daerah.

Makanan khas Indonesia merupakan aset yang potensial dalam upaya penganekaragaman untuk mewujudkan kesehatan pangan dan sangat penting artinya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui perbaikan gizi. Ciri khas makanan tradisional Indonesia adalah pengolahan menurut resep makanan atau komposisi bumbu yang telah dikenal dan ditetapkan secara turun-temurun dalam sistem keluarga atau masyarakat dan bahan baku diperoleh dari sumber lokal dan merupakan hasil usaha tani sendiri maupun tersedia dalam sistem pasar setempat.

Buku Variasi Resep Maman dan Jouk Maman adalah buku resep makanan dari pengembangan menu makanan tradisional dari Rokan Hilir. Kami sangat menghargai hasil karya Buku Resep ini dalam menciptakan variasi masakan-masakan daerah yang dimodifikasi menggunakan tanaman maman. Terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Lily Restusari bersama tim, kami percaya buku resep ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas agar dapat mempraktekkan dan hidup sehat serta pelestarian tanaman maman agar tidak punah.

 


Penulis    :      Dra. Lily Restusari, M. Farm, Apt., Fitri, SP, MKM., Sri Mulyani, STP, M.Si., Nur Angraini, Putri Amelia
ISBN     :    
Editor     :    Dra. Lily Restusari, M. Farm, Apt
Layout-Desain cover    :    Muflih H.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar